Senin, 30 Mei 2016

Cara Modifikasi Audio Mobil Biaya Murah

Modifikasi Audio Mobil Biaya Murah

Apa mungkin... modifikasi audio mobil dengan biaya murah, menghasilkan suara berkualitas ?
Semua itu mungkin... jika Anda sudah mulai memahami dengan perangkat yang akan digunakan. Mulai dari Head Unit, Power Ampli, Speaker, Tweeter, Sub Woofer, Kabel untuk instalasi. Anda pahami lebih dulu setiap karakter perangkat yang akan di instalasi, agar sesuai dengan kualitas suara yang diharapkan.

Apa ukuran untuk Suara Berkualitas...?

Sejauh ini saya belum menemukan, apa yang menjadi ukuran pasti untuk suara berkualitas dalam audio mobil. Tapi, untuk bagian dari kualitas suara dalam audio mobil, silahkan baca Bagian Dari Kualitas Suara Audio Mobil.

Bagaimana cara modifikasi audio mobil dengan biaya murah suara berkualitas...?
Modifikasi audio mobil dengan biaya murah ini ditujukan bagi pemula, maupun teman-teman yang ingin modifikasi sendiri audio mobilnya. Untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tulisan ini lebih fokus untuk modifikasi audio mobil yang masih standar (bawaan Pabrik).

Audio mobil standar bawaan pabrik, umumnya dilengkapi Head Unit serta speaker pada panel pintu depan, beberapa jenis mobil telah dilengkapi speaker di panel pintu belakang. Speaker lebih banyak menggunakan speaker full range, maka hasil suara lebih dominan ke vokal (mid).

Yang menjadi kelemahan pada audio mobil standar,
kurangnya nada tinggi (high) dan rendah (low), dengan kata lain suara cis-cis_nya dan dum-dum_nya kurang terasa...(ha haa...bahasa pasaran sob..!!). Untuk menghasilkan nada tinggi di perankan tweeter, dan untuk nada rendah (bass) diperankan sub woofer. Sekarang bagaimana Kita melengkapinya, dan menghasilkan suara lebih berkualitas dari sebelumnya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk modifikasi audio mobil yang masih standar dengan biaya murah (terjangkau).

SQ kelas sederhana dengan sistem 2 way

Anda Cukup menambahkan sepasang tweeter, tempatkan di atas dashboard pojok kanan dan kiri, lalu menambahkan sub kolong (bass tube kolong). Speaker di panel pintu depan, tetap pada posisinya, tidak dilakukan pergantian. Untuk penempatan bass tube kolong tidak terlalu sulit, bisa di mana saja dalam kabin mobil, karena dimensinya kecil. Untuk penempatan bass tube pada umumnya di kolong jok depan. Baca juga Cara Menambah Bass Pada Audio Mobil Standar, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan Bass Tube.

Dengan modifikasi sistem ini, Anda telah dapat meningkatkan kulitas suara dari sebelumnya. Sistem ini dapat dikatakan sistem 2 way kelas SQ sederhana dengan biaya murah suara berkualitas. Tinggal bagaimana Anda akan menyetting suaranya, sesuai dengan selera Anda. Jika Anda belum paham cara setting suara, silahkan baca Setting Audio Mobil Sendri Secara Otodidak. Tapi jika Anda memang menginginkan suara yang benar benar berkualitas, maka perangkat yang digunakan harus benar benar berkulitas, dan harga perangkatnyapun berkualitas.

Modifikasi SPL kelas sederhana

Untuk modifikasi ini, mengutamakan bass kencang. Maka dibutuhkan Power Ampli yang bertenaga, untuk mendorong Sub Woofer. Begitu juga dengan Sub Woofer-nya, dibutuhkan  watt yang lumayan besar, agar mampu menghasilkan db yang besar. Untuk speaker di panel pintu tidak dilakukan penggantian perangkat, untuk penghematan biaya. Kecuali jika Anda menginginkan vokal yang kencang, maka speaker di panel pintu juga di ganti watt yang lebih besar (watt speaker standar di panel pintu, umumnya kecil). Kemudian penambahan tweeter, ditempatkan di atas dashboard pojok kanan dan kiri.

Cara modifikasi SPL biaya murah untuk kelas sederhana.
Box Kotak sub woofer di desain ukuran 30 x 40 x 50cm + sub woofer 12 inch harga murah tapi watt besar. Untuk harga sekarang, box + sub mungkin sekitaran Rp 600.000 (baru), kalau mau lebih murah lagi, gunakan yang second. Kemudian untuk power ampli, gunakan power ampli second berkemampuan (bertenaga). Kalau ada, power ampli second belum pernah servis. Power ampli yang digunakan power ampli 4ch kelas AB. Untuk harga di pasaran saat ini, sekitaran Rp 600.000 di wilayah saya, harga ini tidak jaminan, tergantung tipe dan merk power ampli, tergantung wilayah di mana Anda tinggal. Harga yang sy tulis, harga wilayah saya tinggal.



Untuk power ampli 4ch second yang akan digunakan, cari yang pembuatannya tahun 2010 kebawah. Umumnya power ampli pembuatan tahun 2010 ke bawah komponen yang digunakan masih berkualitas, dan power ampli juga umumnya bertenaga. Gunakan power ampli yang sudah di lengkapi crossover, terutama ada swicth sub ataupun low.

Untuk Power ampli baru, kelas abal-abal (murahan), sebaiknya jangan digunakan untuk berpasangan dengan sub woofer (SPL), Hasilnya nanti sis-sia, kalau tidak protect.. yaa korslet...nambah biaya lagi dech...

Dengan kombinasi perangkat "kabel + Tweeter + box + sub (baru) + Power ampli(second)", biaya yang dihabiskan tidak lebih dari Rp 1,5 jt, dengan catatan...instalasi sendiri...tidak mengandalkan jasa pemasanan...

 Hasil suara bass dapat menggetarkan dada dalam kabin mobil, cocok buat penggemar SPL dengan biaya murah. Biasanya ini masuk untuk kategori yang senang musik Disco, House Music dll, musik yang menonjolkan Bass.

Baca juga, SQ, SQL, SPL, mudah dipahami Pemula.

Sekian dulu sobat...semoga bermanfaat.


2 komentar:

  1. Selamat pagi Om.
    1. saya memiliki ampli merk ads, tetapi ada masalah untuk suara kanan depan ( suaranya kecil dan mirip radio yg kurang pas chanellnya, kresek ) gmn solusinya om? kirain kabel atau spekernya yg rusak, setelah saya bolak balik kabelnya mungkin ampli nya yg bermasalah.
    2. apakah tidak merusak speker standar saya apabila saya memasang ampli?

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Ada kemungkinan bagian Power Ampli rusak, namun bisa jadi potensionya..untuk lengkapnya silahkan kunjungi

      http://aniparaudio.blogspot.co.id/2016/05/penyebab-power-ampli-suara-kecil.html

      http://aniparaudio.blogspot.co.id/2015/08/protec-akibat-mesin-power-rusak.html

      2.Power Ampli tidak merusak speaker standar,,bila dapat menyesuaikan kemampuan power (watt) ke speaker standar, dengan cara membatasi max suara melalui Gain di power Ampli.

      Hapus

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.