Senin, 30 Mei 2016

Bagian Dari Kualitas Suara Audio Mobil

Dalam membangun Audio Mobil / modifikasi audio, harga dari perangkat menentukan kualitas suara, namun jika settingan suara akhir kurang baik, harga perangkat yang mahalpun akan menghasilkan kualitas suara yang kurang maksimal.

Kualitas Suara dalam Audio Mobil

Di dunia audio mobil umum kita dengar sistem 3 way, di mana penempatan tweeter dan mid-range di tempatkan pada pilar maupun di atas dashboard, dan mid-bass ditempatkan pada panel pintu depan mobil. Sedangkan sistem 2 way, tweeter ditempatkan diatas dashboard (pojok kanan & kiri), atau pada pilar. Dan speaker mid-bass dipasang pada panel pintu depan. Semuanya bertujuan untuk mendapatkan kualitas suara pada bagian kabin depan. Bukan penentu untuk kualitas suara, namun menjadi bagian untuk mendapatkan suara berkualitas. Sistem ini sering digunakan untuk mendapatkan kualitas suara (SQ).

Sistem 2 way, maupun 3way, tidak hanya digunakan / di instalasi pada bagian depan, tapi banyak juga yang instalasi pada bagian belakang kabin (penggemar SQL). Biasanya untuk mendapatkan kulitas suara (SQL).



Pendengaran manusia normal, berkisar pada rentang frekuensi 20 Hz - 20 KHz.
Dan untuk pemotongan frekuensi pada umumnya di bagi menjadi 3 bagian
  1. HIGH---------Rentang frekuensi 5 KHz - 20 KHz 
  2. MIDDLE-----Rentang frekuensi 40 Hz - 5 KHz (5.000 Hz)
  3. LOW----------Rentang frekuensi 20 Hz - 40 Hz  
Pada bagian MIDDLE, rentang frekuensinya lebih lebar dibanding HIGH dan LOW, bagian ini sangat sensitif untuk pendengaran manusia. Maka ketika membangun / modifikasi audio mobil, bagian ini sangat diperhatikan, untuk mendapatkan kualitas suara (umumnya vokal).

Apa saja bagian dari kualitas suara di audio mobil..?"

Yang dinyatakan dengan "suara" pada audio mobil, merupakan hasil akhir dari membangun / modifikasi, instalasi, setting, dll, tujuan akhirnya adalah kualitas suara. Sedangkan suara itu bisa berbentuk alunan nada, musik, instrumen, pidato, dan lain sebagainya. sementara jika dikaji lagi, alunan nada juga bisa seperti nada tinggi, nada rendah, dst. Begitu juga dengan musik, bisa dibagi lagi alirannya (genre), seperti musik disco, rock, blues, dangdud, punk, dst.

Pada akhirnya, tergantung dari selera Anda (kesukaan), baik selera musik dengan jenis aliran tertentu maupun umum, dalam mendengar / menikmati musik berbeda-beda. Ada yang suka menikmati musik dengan suara kecil, dan banyak juga yang menikmati musik dengan suara kencang (kuat). Untuk hal ini dapat dikategorikan dengan SQ, SQL dan SPL. Bila Anda belum memahami SQ, SQL, SPL ...silahkan baca SQ,SQL, SPL mudah dipahami pemula.

Buat saya pribadi, tidak ada alat ukur khusus (rumus) untuk menyatakan kualitas suara (suara berkualitas) dalam audio mobil. Tapi ada beberapa bagian yang dapat dijadikan acuan untuk menyatakan suara berkualitas, ataupun kurang berkualitas.
Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan acuan kualitas suara di audio mobil
  • Hasil suara bulat
Suara yang di hasilkan bulat, tidak sempreng. Baik ketika suara kecil, maupun besar (db kecil-db besar), dalam batas kemampuan tertentu. Karena kemampuan (besar suara) untuk SQ beda dengan SQL. Tapi paling tidak, suara yang di hasilkan bulat (seimbang / menyatu). Dari nada (suara) tinggi sampai nada rendah (bass).
  • Hasil suara bersih / jernih.

Suara yang dihasilkan bersih, tidak ada storing yang mengganggu. Seperti suara mesin mobil yang terdengar dari speaker, bunyi nging...ataupun dengung...,dan suara lainnya yang bukan hasil suara dari audio.
  • Tingkat kedetilan suara

Biasanya tingkat kedetilan suara ini, dapat Kita dengar untuk kategori SQ dan SQL. Dan yang paling khusus diperhatikan untuk suara SQ. "Kedetilan" yang dimaksud, hampir menyerupai suara aslinya.
Contohnya... Kita sedang mendengarkan musik dari sebuah band (dalam lagu yg di putar), di dalam permainan musik grup band itu, ada suara dari gitar bass, gitar melody, gitar rethym, drum, vokalis. Maka, seberapa detil-kah... suara yang dihasilkan perangkat audio, yang Kita dengarkan. Apakah semua suara dari alat musik yang di mainkan terdengar jelas...? atau sebagian saja...? Itu maksud dari detil... untuk kategori hasil suara akhir.

Masih banyak lagi yang bisa di tambahkan sebagai acuan, untuk kualitas suara dalam audio mobil. Tapi, dari penjelasan singkat di atas, mudah-mudahan sobat telah paham maksud dari kualitas suara dalam audio mobil. Selebihnya Sobat yang menambahkan...Semoga bermanfaat....khususnya buat Sobat yang masih Pemula.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.