Bagian dari Speaker

Tentang Speaker dan Bagian Bagiannya


Loudspeaker jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia maka terjemahannya adalah pengeras suara,dan biasanya loudspeaker disebut dengan (speaker) . Namun dibeberapa daerah ada yang menyebutnya dengan nama salon ataupun mik,Tapi itu hanya penyebutan untuk menyatakan speaker.

Speaker merupakan Tranduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi Frekuensi Audio (sinyal suara ) yang kemudian dapat kita dengar.Speaker menghasilkan suara dengan cara menggetarkan membran hingga terjadi gelombang suara.

Frekuensi yang dapat didengar oleh pendengaran manusia normal umumnya berkisar  20 Hz-20 Khz (20 Hz – 20000 Hz) .Untuk memenuhi kebutuhan rentang frekuensi dari 20 Hz – 20 Khz dengan hasil suara yang berkualitas maka dibutuhkan gabungan dari beberapa speaker , karena belum ada “satu speaker” dalam audio mobil, yang dapat memenuhi rentang frekuensi tersebut dengan hasil kualitas suara yang maksimal .


gambar bagian bagian speaker

Gambar bagian bagian speaker

BAGIAN-BAGIAN DARI SPEAKER


1.       SUSPENSION

Berfungsi untuk menarik cone supaya tetap berada pada posisi semula setelah bergerak maju mundur.Suspension juga berfungsi untuk menghubungkan cone ke kerangka speaker. Suspension memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas suara,dikalangan pemain audio mobil bayak yang menyebut suspension ini dengan nama spon dan juga bumper.Karena suspension umumnya terbuat dari kertas , spon dan karet.

2.       CONE

Cone bagian speaker yang menggerakkan udara disekitarnya,maka semakin besar ukuran cone semakin besar udara yang digerakkan/digetarkan.Dikalangan pemain audio cone biasa disebut dengan daun speaker.Bahan dari cone umumnya terbuat dari kertas dan plastik.

3.       VOICE COIL

Voice  coil adalah bagian yang menggerakkan cone dan suspension,terjadinya gerakan akibat dari sinyal listrik yang melewati voice coil hingga terjadi perubahan arah magnet.Posisi Voice coil tepat berada di tengah magnet, maka” ketika voice coil menerima aliran sinyal listrik akan ada proses elektromagnetik “Tarik menarik maupun tolak menolak” menyesuaikan dengan aliran listrik yang diterima voice coil.
Voice coil berupa kumparan , umumnya dengan lilitan kawat tembaga yang halus.  Dikalangan pemain audio Voice coil biasa disebut denga spull speaker.

4.       MAGNET

Magnet yang ada pada speaker sifatnya permanen(tidak berubah-ubah)
Yang sifatnya berubah-ubah hanya voice coil ketika dialiri sinyal listrik.

Maka ketika voice coil dialiri sinyal listrik akan ada medan magnet kemudian berinteraksi dengan magnet yang permanen dan akhirnya menimbulkan gerakan/getaran.
Dan dari gerakan / getaran itulah yang menjadi suara.

Pada audio mobil, sistem speaker yang umum digunakan dengan sistem 2 way dan 3 way.
Sistem 2 way berupa tweeter dan mid bass,jika split 2 way berikut crossover pasif.
Sistem 3 way berupa tweeter , mid range dan mid bass,jika split berikut crossover pasif.

Kemudian ada juga speaker jenis coaxial , berupa tweeter , mid range dan mid bass (3 way) dalam satu wadah ,jika menggunakan 2 speaker maka disebut coaxial 2 way,dan jika menggunakan 3 speaker disebut coaxial 3 way.





Jenis Jenis Speaker yang Umum digunakan pada Audio Mobil


TWEETER

Tweeter merupakan  speaker yang bekerja pada frekuensi tinggi.Rentang frekuensi yang dihasilkan tweeter tergantung dari jenis , merk dan typenya,contohnya tweeter jenis dome dapat menghasilkan sekitar 80hz-21khz dan begitu juga dengan tweeter lainnya.Tidak ada ukuran standar frekuensi pada speaker,yang ada adalah tweeter menghasilkan suara pada frekuensi tinggi dan secara umum tweeter bertugas pada frekuensi 1khz-20khz .Dan tweeter yang mampu menghasilkan frekuensi di atas 20 Khz disebut SUPER TWEETER.

Pada speaker split,
Tweeter sistem 2 way tidak sama rentang frekuensinya dengan tweeter sistem 3 way. Tweeter sistem 2 way menyesuaikan rentang frekuensinya dengan mid bass,dan tweeter sistem 3 way menyesuaikan rentang frekuensinya dengan mid range.

 MID RANGE

Midrange adalah speaker yang bekerja pada frekuensi tengah mendekati frekuensi  tinggi , umumnya berfungsi untuk mengisi rentang suara pada frekuensi sekitar 350-4500Hz. Midrange umumnya tergabung dalam sistem speaker 3 way , dalam sistem 2 way mid range tidak digunakan. Speaker mid range mengisi suara tengah agar semakin fokus dan jelas,seperti suara vokal penyanyi akan terdengar lebih jelas dan lebih detil.

MID BASS

Mid bass biasa juga disebut dengan mid woofer, umumnya berfungsi untuk menghasilkan suara pada rentang frekuensi sekitar 80Hz-350 Hz , suara yang di hasilkan dominan ke bass (suara rendah).Mid bass untuk sistem 2 way menyesuaikan rentang frekuensi ke tweeter.  Dan untuk sistem 3 way menyesuaikan rentang frekuensi ke mid range.

WOOFER

Woofer bertugas untuk menghasilkan suara pada frekuensi rendah,rentang frekuensi sekitar 100 Hz dan speaker yang dapat menghasilkan suara pada rentang frekuensi 40 Hz kebawah disebut dengan SUB WOOFER.

Banyak yang beranggapan jika menggunakan speaker yang harganya mahal maka akan menghasilkan suara akhir yang bagus,ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.Karena letak kulitas suara akhir bukan hanya dari speaker,namun dari semua perangkat audio yang digunakan dan juga tata letak serta setingan dari tangan instalatur.Tapi,,speaker yang harganya semakin tinggi maka kualitas speakernya semakin bagus.

Kenapa audio rumah dengan perangkat sederhana sudah terdengar bagus ?


Coba sobat perhatikan ruangan mobil yang akan dibangun/dimodifikasi audio mobil,ruangan memiliki bentuk yang tidak karuan untuk suatu ruangan audio.Belum lagi untuk tempat tata letak speaker dan posisi untuk kita mendengarkan lantunan musik yang akan kita dengar (tidak center) .
Sangat jauh berbeda ketika kita mendengar audio rumah ataupun audio tempat karoke, dll .yang memiliki bentuk ruangan persegi yang rapi serta kita dapat mendengarkan musik pada posisi center (ditengah).

Dan perlu sobat-sobat perhatikan,sebelum membangun/memodifikasi audio mobil sebaiknya kenali lebih dulu jenis musik yang sobat suka. Agar hasil yang dibangun sesuai dengan yang diharapkan.Jenis musik yang dimaksud seperti musik ROCK , POP , DANGDUT, COUNTRY, dll .

Dengan mengenali selera musik maka sobat dapat menyesuaikan perangkat yang akan digunakan untuk membangun audio mobil.Karena setiap perangkat memiliki karakter masing masing.

Contohnya ,, Sobat menyukai aliran musik SLOW ROCK

Speaker yang digunakan sistem 2 way , maka sobat perlu perhatikan

Musik SLOW ROCK lebih menonjolkan vokal suara (suara penyanyi)kemudian suara drum, melodi gitar, bass gitar dll.
Kemudian musik SLOW ROCK bit/temponya slow seperti nama jenis musiknya.
Maka, untuk jenis musik ini sobat dapat  menggunakan
·         Tweeter
Tweeter  yg digunakan jenis dome
Karena hasil suara lebih halus dan menggunakan rentang frekuensi sekitar
Tweeter jenis ini juga mengandung suara vokal,agar dapat menutupi frekuensi tengah.
Karena speaker sistem 2 way tidak menggunakan mid range.
(Jika kita menggunakan  split 3 way maka posisi frekuensi tengah diisi dengan mid range).


·         Speaker MID Bass
Untuk speaker mid bass maka kita menggunakan speaker yang pada bagian Conenya menggunakan bahan dari kertas, karena umumnya cone bahan dari kertas memiliki tingkat kedetilan yang lebih bagus dan suara tengah lebih fokus kemudian vokal lebih menonjol.Untuk kelemahan speaker yang conenya bahan kertas,kurang bagus untuk musik tempo cepat seperti musik punk rock.

 Dan untuk ukuran/ dimensi disesuaikan dengan kebutuhan
Semakin besar ukuran speaker , maka semakin besar /lebar hasil suara yg dihasilkan.
Untuk ukuran watt disesuaikan dengan kebutuhan.

·         SUB Woofer
Untuk menghasilkan nada-nada rendah seperti bass gitar ,bass drum  maka
Digunakan subwoofer yang rentang frekuensi dapat mencapai dibawah 50 Hz.

Pada hasil akhir tinggal menyesuaikan suara (setting) agar semua suara dari speaker dapat menyatu/sesuai dengan yang diinginkan .Mulai dari suara tinggi ,tengah dan rendah.

Jika jenis aliran musiknya seperti HOUSE MUSIC atau PUNK ROCK dll,itu menggunakan tempo irama yang cepat ,maka sobat sesuaikan karakter speaker yang mampu untuk tempo cepat agar sesuai dengan hasil suara yang diharapkan.


Paparan diatas sekedar sebagai contoh,, agar lebih mudah untuk memahami fungsi dan karakter dari speaker. Untuk penerapan yang lebih maksimal,,, sebaiknya sobat gali lagi lebih dalam tentang perangkat audio mobil. Karena setiap perangkat audio memiliki karakternya masing-masing, dan besar  pengaruhnya untuk hasil akhir suara yang berkualitas. Sementara tulisan ini baru membahas tentang perkenalan dengan speaker.


Semoga bermanfaat Kawan,,! dan mudah untuk dipahami.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.