Rabu, 08 Juli 2015

modifikasi audio mobil standar

     Bicara tentang audio mobil maka erat hubungannya dengan kualitas suara pada audio mobil. Meskipun saat ini kualitas suara pada audio mobil standar bawaan sudah bagus-bagus, namun masih banyak para pengguna merasa belum puas dengan hasil suara yang di keluarkan audio mobil standar.
Untuk kali ini kita mengulas bagaimana cara modifikasi sendiri audio mobil untuk pemula, namun sebelumnya kita pahami dulu perangkat yang digunakan dalam audio mobil standar.
Diantaranya

1.HEAD UNIT

   HU (Head Unit) yang biasanya juga disebut dengan nama "tape mobil", untuk keluaran standar saat ini telah banyak menggunakan CD / MP3 / DVD dan telah dilengkapi fasilitas USB, MMC, AUX, BT (bluetooth) dll.
HU berfungsi sebagai player disk (pemutar kaset cd) dan telah memiliki power ampli , out-put nya kurang lebih sekitar 50 watt untuk HU standar.

2.SPEAKER

Speaker yang dipakai pada audio mobil standar umumnya 4 ohm dan dibawah dari 50 watt agar sesuai dengan Head Unit standar mobil.
Speaker berfungsi sebagai out-put akhir (pengeras suara), yang menghasilkan suara untuk dapat kita dengar.
Speaker umumnya terletak pada pintu depan bagian bawah (bawah panel pintu).

3.Tweeter

Tweeter adalah speaker yang menghasilkan suara tinggi.
Ada audio mobil standar yang sudah dilengkapi dengan tweeter, umumnya terletak pada pilar ataupun di bagian atas pintu depan. Posisi tweeter biasanya sejajar dengan telinga.
Namun audio mobil standar juga banyak yang belum dilengkapi dengan tweeter.

Nah...apakah Anda sudah paham..,mengapa suara (alunan musik) pada audio mobil standar kurang nyaman di telinga? Ketika suaranya masih pelan (kecil) masih nyaman di telinga, namun ketika volume kita naikkan...! Bukannya enak untuk di dengar, yang ada jadi berisik.
Sangat beda jauh ketika kita mendengar audio rumah maupun audio mobil teman kita yang sudah di modifikasi. Apalagi jika Anda seorang penikmat musik, sudah pasti kurang nyaman dengan audio mobil standar.

Sekarang bagaimana cara Kita meningkatkan / modifikasi Sendiri agar suara jadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Kita perhatikan,
Jenis musik (genre) apa yang Anda suka? apakah itu aliran slow,,,rock,,,house music,,,dll.
Karena itu menentukan dengan perangkat yang nantinya anda gunakan, agar tidak menjadi pekerjaan yang sia-sia.


Saya ada cerita sedikit begini...
Teman Saya senang musik disco, kemudian Dia mencoba modifikasi audio mobilnya yang masih standar. Speaker pintu depan di ganti dengan speaker 100 watt dengan harapan suara semakin kuat dan bass semakin bulat jika volume di naikkan. Namun apa yang terjadi...? Alunan musik yang di keluarkan semakin kacau ketika volume di naikkan.

Kenapa bisa demikian..?
Karena kemampuan dari Head Unit sekitar  50 watt maksimalnya,  sementara beban yang akan di dorong 100 watt. Itu melebihi kemampuan dari power ampli Head Unit.
Untuk mengatasinya di tambah dengan power ampli eksternal dan biasanya di sebut dengan POWER AMPLIFIER MOBIL(POWER), dengan menyesuaikan kemampuan power pada speaker.
Karena teman saya senang musik disco, maka suara bass yang  di utamakannya.

Akhirnya Teman Saya menggunakan Power Ampli 4ch kelas AB, speaker pintu depan pakai
100 watt kemudian sepasang tweeter di atas dashboard diletakkan pada pojok kanan dan kiri.
Satu sub woofer di pasang ke box kotak dan di letak pada bagian belakang.
Maka 2 chanel di pakai untuk speaker+tweeter kanan dan kiri, kemudian 2 chanel lagi di pakai untuk mendorong sub woofer pada posisi brige di power.
Power 4 ch yang di gunakan teman saya memiliki crossofer, jadi lebih mudah dalam pengaturan suara. Karena Head Unit standar yang dia miliki belum menyediakan equalizer, pengaturan suara yang tersedia adalah bass dan treble.

Tapi bagaimana jika yang di tambah hanya power? dan speaker tetap standart?
Speaker standar bisa rusak karena di paksa menahan dorongan dari power yang tekanan watt nya melebihi kemampuan dari speaker. Dan itu bisa terjadi ketika volume dari Head Unit Kita naikkan maka watt yang keluar dari power semakin besar.

Kecuali jika Kita dapat memperhitungkan dorongan (watt) yang keluar dari power tidak melebihi kemampuan dari speaker maka speaker standar dapat di gunakan.
modifikasi audio mobil standar

Dari cerita tentang teman Saya, mudah-mudahan bagi Anda yang masih pemula dapat gambaran jika ingin modifikasi audio mobil standar.
Agar ada pertimbangan ketika Anda berencana modifikasi audio mobil Anda, setidaknya Anda pahami lebih dulu perangkat yang akan Anda gunakan. Kemudian sesuaikan dengan selera musik Anda, karena setiap perangkat punya peran penting dalam mengolah suara.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.